MODERASI POTONGAN HARGA PADA PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP NIAT BELI PELANGGAN

Authors

  • Asman Abnur Politeknik Pariwisata Batam
  • Agung Edy Wibowo Batam Tourism Polytechnic

DOI:

https://doi.org/10.59193/jmn.v2i1.135

Keywords:

produk, kualitas layanan, potongan harga, niat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran potongan harga dalam memoderasi pengaruh produk dan kualitas layanan terhadap niat beli.  Terdapat variabel produk, kualitas layanan dan potongan harga sebagai variabel yang menjadi stimulan bagi variabel niat beli yang merupakan variabel terikat atau variabel hasil. Obyek yang diteliti berada di sebuah kawasan yang sedang bertumbuh menjadi sebuah jalur destinasi wisata kuliner baru yang berada di Kota Batam. Sampel yang diambil berjumlah 123 responden dengan disain survey dan menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi moderasi. Dalam penelitian ini koleksi data diperoleh melalui sebaran kuesioner. Data yang dikumpulkan telah mendapatkan uji validitas dan reliabilitas serta pengujian asumsi klasik guna mendapatkan keakuratan alat uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Potongam harga memberikan efek dan memoderasi pengaruh produk terhadap niat beli, Potongan harga memberi efek dan memoderasi pengaruh kualitas layanan terhadap niat beli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar pustaka

Aldoreno, R. (2020). THE IMPACT OF DISCOUNT FRAME AND TYPE OF PRODUCT ON PURCHASE INTENTION Chairy Program Studi Magister Manajemen Universitas Tarumanagara. 10–15.

Duwi Priyatno. (2010). Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. MediaKom.

Edy Wibowo, A., & Silitonga, F. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Intention To Use Jasa Transportasi Pt. Batam Fast Ferry Di Kota Batam. Jurnal Cafetaria, 1(2), 23–32. https://doi.org/10.51742/akuntansi.v1i2.145

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi (7th ed.). Undip.

James, B. (2007). Secrets of Customer Relatuonship Management, 2007. Gramedia Jakarta.

Kotler. P. (2012). Marketing Management 8th Edition, Englewood Cliffs, New Jersey, Prentice Hall.

Kotler dan Amstrong. (2011). Marketing Management International, 5th Prentice Hall. Upper Sadle River. New Jersey.

Laksana, F. (2010). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis,2010. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa (D. A. Halim (ed.); 3rd ed.). Salemba Empat.

Prasetyo, E. B., Sopiah, & Zen, F. (2020). The Effect of Discount Price on Purchasing Intentions Through Consumer’s Perceived Risk in the Flash Sale Program at Shopee. 124, 633–643. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200305.129

Retnaningsih, W. (2010). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk, Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek. DiE: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 6(2). https://doi.org/10.30996/die.v6i2.131

Suhardi., Wibowo AE., Wasiman., W. (2020). Service Quality, Trust and Price on Customer Loyalty in PT Pos Indonesia Batam City. IOSRjournals.Org, 22(9).

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Edisi Ke 2, 2011. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tjiptono. F. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta. Gramedia Cawang.

Wibowo, A.E; Gunawan, A. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Restoran Sederhana Di Harbout Bay Batam. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9(1), 57–67. https://doi.org/10.32477/jrm.v9i1.364

Wibowo, A.E., Silitonga., F. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Intention to Use Jasa Transportasi PT Batam Fast Ferry di Kota Batam. Cafetaria, 1(2), 23–32.

Wibowo., A.E., Mikasari., D. A. (2021). Reputasi Merek, Kompetensi Merek, Kesukaan Merek dan Kepercayaan pada Perusahaan terhadap Loyalitas Merek Apotek Vitka Farma. Postgraduate Management Journal, 1(1), 14–25.

Wibowo, A. E. (2017). Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Behavioral Intention. Rekaman, 1, 74–88.

Wibowo, A. E. (2021). Metodologi Penelitian Pegangan untuk Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Insania, Cirebon.

Wibowo, A., Prihartanti, W., Wibowo, A. E., & Rahmanto, A. (2022). Enrichment : Journal of Management The Effect of Green Trust , Green Marketing and Green Perceived Quality on Green Purchase Intention. 12(5).

Wibowo A.E & Wulandari Y. (2020). SPSS dalam Riset Layanan Jasa dan Kesehatan. Gava Media, Yogyakarta.

Wulandari, N. (2013). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen (Studi kasus pada konsumen kopikita semarang). 17.

Zozalbo, F., & Astuti, R. (2022). The Effect of Specific Discount Pattern and Product Type on Customers’ Purchase Intention in E-commerce Platform. August 2020. https://doi.org/10.4108/eai.27-7-2021.2316875

Downloads

Published

21-02-2023

How to Cite

Asman Abnur, & Edy Wibowo, A. (2023). MODERASI POTONGAN HARGA PADA PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP NIAT BELI PELANGGAN . JURNAL MANAJEMEN KULINER, 2(1), 38–53. https://doi.org/10.59193/jmn.v2i1.135

Issue

Section

FEBRUARI 2023