PENGARUH PROMOSI DAN POPULARITAS MEREK TERHADAP VOLUME PENJUALAN KANGEN DIMSUM BATAM

Authors

  • Delisa Frananda Putri Prodi Manajemen Kuliner, Politeknik Pariwisata Batam
  • Eryd Saputra Prodi Manajemen Kuliner, Politeknik Pariwisata Batam
  • Tirta Mulyadi Prodi Manajemen Kuliner, Politeknik Pariwisata Batam
  • Asman Abnur Prodi Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata, Politeknik Pariwisata Batam
  • Widi Hardini Prodi Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata, Politeknik Pariwisata Batam

DOI:

https://doi.org/10.59193/jmr.v3i1.288

Keywords:

Promosi, Popularitas Merek, Volume Penjualan

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap volume penjualan Kangen Dimsum Batam karena telah terjadi fluktuasi penjualan dari April 2022 hingga September 2022. Selain itu, Kangen Dimsum tidak sering dipromosikan di media sosial dan tidak populer seperti produk serupa. Karena itu, untuk meningkatkan popularitas merek, Kangen Dimsum Batam harus melakukan promosi yang lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan popularitas merek terhadap volume penjualan Kangen Dimsum Batam. Konsumen Kangen Dimsum Batam dalam penelitian ini berusia antara lima belas dan lima puluh tahun. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif, dan pengambilan sampelnya menggunakan probabilitas dan pengambilan sampel acak sederhana, dengan total 160 responden. Kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumen digunakan untuk mengumpulkan data. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, yang dilakukan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama-tama, promosi memengaruhi volume penjualan, dengan hasil thitung 5.604 lebih besar dari ttabel 1.975 dan sig 0,000 lebih kecil dari 0,05; kedua, popularitas merek memengaruhi volume penjualan, dengan hasil thitung 4.465 lebih besar dari ttabel 1.975 dan sig 0.000 lebih kecil dari 0,05; dan ketiga, secara keseluruhan, promosi dan popularitas merek memengaruhi volume penjualan Kangen Dimsum Batam dengan hasil Fhitung 71.401 lebih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, N., & Lubis, A. L. (2018). Analisa Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks IEF dan EFE (Studi Kasus PT. Kian Ho Indonesia). Jurnal Industri Kreatif (JIK), 2(2). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1097187

Asikin, N., Pristiwasa, I. W. T. K., & Lubis, A. L. (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENJUALAN KAMAR DI BEVERLY HOTEL BATAM. PARIWISATA BUDAYA: JURNAL ILMIAH PARIWISATA AGAMA DAN BUDAYA, 9(1), 101–116. https://doi.org/10.25078/pariwisata.v9i1.3608

Ghozali, Imam (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.9,Cet.IX.

Hanifawati, T., Ritonga, U.S.R. and Puspitasari, E.E. (2019). Popularitas Merek di Sosial Media : Analisis Pengaruh Waktu, Konten dan Interaksi Merek. https:///C:/Users/hp14s/Documents/Skripsi/Popularit as Merek di Sosial Media Analisis Pengaruh Waktu, Konten, dan Interaksi Merek.pdf.

Jayusman, I. and Shavab, O.A.K. (2020). Jurnal Artefak Vol.7 No.1 April 2020. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak’, 7(1),pp. 13–20.

Kaluku, F., Mandey, S.L. and Soepemo, D. (2018). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Unggulan Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. https:///C:/Users/hp2014s/Documents/Skripsi/Jurnal Promosi/Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Unggulan Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado.pdf

Lubis, A. L. (2016). Analisa SWOT Sebagai Acuan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus : Khazanah Plaza Batam). Journal Industrial Service, 2(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jiss/issue/view/227

Putra, F.D. (2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Volume 9 No . 2 Tahun : 2017 Pengarus Volume Penjualan dan Biaya Produksi Kalung Terhadap Lama pada Hidayah Shop Kuta-Bandung. https:///C:/Users/hp14s/Documents/Skripsi/Pengaru h Volume Penjualan dan Biaya Produksi Kalung Terhadap Laba pada Hidayah Shop Kuta- Bandung.pdf.

Rahmanita, M. (2017). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Intervening. https:///C:/Users/hp 14s/Documents/Skripsi/Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Interveningpdf.

Sembiring, E.A. (2019). Pengaruh Metode Pencatatan Dengan Sistem Periodik dan Perpetual Berbasis SIA Terhadap Stock Opname pada Perusahaan Dagang di PT Jasum Jaya. https:///C:/Users/hp 14s/Downloads/Pengaruh Metode Pencatatan Persediaan Dengan Sistem Periodik Dan Perpetual Berbasis Sia Terhadap Stock Opname pada Perusahaan Dagang Di Pt Jasum Jaya.pdf.

Sujarweni, V. Wiratna, S.E., M.M., M.T. & Utami, Lila Retnani, S.E., S.PD., M.SI., C. (2019). The Master Book of SPSS. START UP.

Suria Alamsyah Putra, SE., M. (2019). Analisa Peramalan Penjualan dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada PT Cakra Anugerah Arta Alumindo Medan. https:///C:/Users/hp 14s/Documents/Skrispsi/Analisa Peramalan Penjualan dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada PT Cakra Anugerah Arta Alumindo Medan.pdf.

Tafiprios & and Arbi, J.R. (2015). Evaluasi Desain Kemasan, Popularitas Merek dan Budaya Konsumen Terhadap Citra Merek Aqua. https:///C:/Users/hp 14s/Downloads/ Evaluasi Desain Kemasan, Popularitas Merek dan Budaya Konsumen Terhadap Citra Merek Aqua.pdf.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Putri, D. F., Saputra, E., Mulyadi, T., Abnur, A., & Hardini, W. (2024). PENGARUH PROMOSI DAN POPULARITAS MEREK TERHADAP VOLUME PENJUALAN KANGEN DIMSUM BATAM. JURNAL MEKAR, 3(1), 25–31. https://doi.org/10.59193/jmr.v3i1.288

Issue

Section

VOL. 3. NO. 1. APRIL 2024